Minggu, 20 Maret 2011

EVOLUSI

Evolusi dapat diartikan sebagai perubahan ciri mahluk hidup atau populasi dari generasi ke generasi dalam jangka waktu yang lama.

A. Teori Evolusi

a. Plato dan Aristoteles : keanekaragaman dalam suatu populasi merupakan variasi yang tidak sempurna dari suatu bentuk yang ideal

b. Carolus Linnaeus : setiap spesies mempunyai struktur dan fungsi yang khas dan spesies bersifat permanen atau spesies sudah mempunyai tempat pada hierarki kehidupan di alam

c. Cuvier : mengenai bukti fosil yang memperlihatkan bahwa seiap sedimen tanah memiliki sejarahnya masing-masing. Lapisan sedimen yang berdekatan memiliki fosil yang lebih mirip satu sama lain dari pada lapisan tanah yang letaknya berjauhan

d. Lamarck : Terkenal dengan teori use and disuse (digunakan dan tidak digunakan). Maksudnya organ tubuh yang sering digunakan akan berkembang sedangkan organ tubuh yang tidak digunakan lama kelamaan akan hilang

e. Charles Darwin : Terkenal dengan seleksi alam yaitu individu yang adaptif dan kuat akan bertahan hidup dan berkembang baik sedangkan individu yang lemah akan mati dan tersingkirkan. Seleksi alam menyebabkan adanya populasi yang adaptif terhadap lingkungan sekitarnya serta penambahan jumlah keturunan yang memiliki karakter yang adaptif. Kepunahan akan terjadi jika karakter adaptif yang dimiliki tidak lagi cocok dengan perubahan lingkungan

Charles Darwin mengemukakan hipotesis seleksi alam dalam bukunya yang berjudul “ On the origin of spesies by means of natural selection” pada tahun 1859. Pokok pikiran yang mendasari teori evolusi Darwin, yaitu :

Ø Tidak ada dua individu yang identik

Ø Setiap populasi cenderung bertambah banyak karena mempunyai kemampuan berkembang biak.

Ø Untuk berkembang biak diperlukan adanya makanan dan ruang yang cukup.

Ø Kenyataan menunjukkan bahwa bertambahnya populasi tidak berlangsung terus-menerus.

Seleksi alam menurut Darwin adalah :

a). Keberhasilan yang berbeda dalam reproduksi.

b). Terjadi melalui interaksi antara lingkungan dengan keanekaragaman yang melekat diantara individu organismeyanng menyusun populasi.

c). Produk berupa adaptasi populasi dengan lingkungannya.

B. Pertentangan Teori Evolusi

a. Lamarck VS Weismann

Menurut Lamarck : semua sifat atau ciri-ciri dari induknya akan di turunkan semua kepada keturunannya.

Menurut Weismann : tidak semua sifat dari induknya diturunkan tetapi yang diturunkan hanya yang dibawa oleh gen saja sedangkan sifat karena faktor lingkungan tidak diturunkan.Weismann membuktikannya dengan mengawinkan tikus yang berekor panjang yang dipotong ekornya . Ternyata keturunannya tetap berekor panjang.

b. Lamarck VS Darwin

Menurut Lamarck : Jerapah dahulunya berleher pendek. Suatu saat makanan yang dibawah sudah menipis maka jerapah berusaha mengambil makanan yang ada di pohon tinggi. Karena proses latihan tersebut maka leher jerapah menjadi panjang

Menurut Darwin : Terdapat variasi pada jerapah ada yang berleher pendek dan berleher panjang. Karena persediaan makanan dibawah menipis maka jerapah mencari sumber makanan lain yang terdapat di pohon tinggi. Jerapah yang berleher pendek tidak dapat menjangkau makanannya artinya dia tidak dapat menyesuaikan diri atau beradaptasi dengan lingkungannya sehingga terseleksi oleh alam yaitu mati. Jerapah yang berleher panjang dapat beradaptasi sehingga dia dapat survive. Jerapah berleher panjang akan terus berkembang biak

C. Bukti/Petunjuk adanya evolusi

Beberapa bukti atau petunjuk yang mendukung teori evolusi Darwin, adalah :

a. fosil yaitu sisa-sisa organisme yang telah membatu. Salah satu fosil yang lengkap adalah fosil kuda yang menunjukkan adanya perubahan dari nenek moyang sampai dengan kuda sekarang dengan perkembangan sebagai berikut :

eohippus (Hyracoterium) keterangan: tubuh sebesar kucing, berjari empat,

Zaman eosin gigi geraham tidaak bergerigi

60 juta tahun yang lalu

Mesohippus

Zaman oligosin

40 juta tahun yang lalu

Merihippus

Zaman meosin

30 juta tahun yang lalu

Pliohipuus

Zaman pliosin

10 juta tahun yang lalu


Equus (kuda modern) keterangan : tubuh sebesar kuda saat ini

1 juta tahun yang lalu jari kaki bergabung jadi Satu

Kaki panjang, leher panjang

Lari cepat, gigi geraham besar

dan bergerigi

b. Adanya variasi individu mengakibatkan tidak adanya individu identik, bahkan makhluk hidup yang kembar identik (1 variasi) masih memiliki variasi.

c. Homologi adalah organ-organ yang memiliki asal sama, tetapi fungsi berbeda. Contohnya : tangan manusia, sayap kelelawar dan kaki depan kuda yang memiliki asal yang sama, tetapi fungsinya sudah berbeda. Gejala ini membuktikan bahwa dalam perkembangannya, organ mengalami evolusi sehingga mengalami perubahan struktur dan fungsi. Lawan dari homologi adalah analogi (organ yang fungsinya sama, tetapi berasal dari struktur yang berbeda).

d. embrio perbandingan menunjukkan adanya persamaan :

- urutan perkembangan embrio hewan dari fertilisasi zigot-blastula-gastrula-diferensiasi dan spesialisasi.

- Bentuk embrio yang mirip pada hewan vertebrata dan semuanya mempunyai kantoong insang yang kemudian mengalami perkembangan yang berbeda: pada ikan tetap menjadi insang, pada manusia menjadai daun telinga dan eustachius.

Perkembangan embrio dari zigot sampai menjadi individu lengkap disebut ontogeny, sedangkan perubahan organism dari yang paling sederhana sampai yang paling kompleks disebut filogeni. Ontogeni menunjukkan filogeni yang dipersingkat.

e. Organ tubuh tersisa (vestigial) merupakan organ yang dulunya pernah dimiliki, tetapi sekarang sudah menghilang meski masih ada bekasnya. Contohnya : usus buntu pada manusia, tulang ekor, gigi taring dan lain-lain.

f. Substansi genetik adalah molekul yang mengatur sifat gen. Fakta menunjukkan bahwa sifat gen seluruh organisme diatur oleh molekul yang sama (DNA) dan dengan cara yang sama.

g. Domestikasi yaitu pembudidayaan mahluk hidup atau penjinakan mahluk hidup

D. Hukum Hardy Weinberg

Dalam suatu populasi, frekuensi alel dan gen cenderung tetap dari generasi ke generasi. Hal ini dikenal sebagai Hukum Hardy Weinberg yang berlaku jika populasi memenuhi beberapa syarat yaitu :

· Tidak ada mutasi

· Tidak ada migrasi

· Populasi besar

· Perkawinan terjadi secara acak

· Tidak terjadi seleksi alam

Hukum Hardy Weinberg dapat digunakan untuk menghitung frekusensi gen dari sebuah populasi yang seimbang. Keseimbangan hukum Hardy Weinberg dapat dituliskan dengan persamaan sebagai berikut :

p2 + 2pq + q2 = 1

p + q = 1

Keterangan : p2 = frekuensi genotif homozigot dominan

q2 = frekuensi genotif homozigot resesif

2pq = frekuensi genotif heterozigot

p = frekuensi gen dominan

q = frekuensi gen resesif

Contoh :

1. Dalam suatu populasi diketahui 36% orang yang albino. Hitunglah fekuensi gen normal dan albino serta frekuensi genotifnya

Jawaban : q2 = 36% = 0,36

q = √0,36 = 0,6

p + q = 1, maka

p = 1 - q = 1 – 0,6 = 0,4

frekuensi gen normal = p = 0,4

frekuensi gen albino = q = 0,6

frekuensi genotif = AA : 2Aa : aa

p2 : 2pq : q2

(0,4)2 : 2 (0,4 x 0,6) : (0,6)2

0,16 : 0,48 : 0,36

2. Dalam suatu desa diketahui jumlah orang albino 1 orang dari 10. 000 penduduk. Hitunglah

a. Jumlah orang normal homozigot dan heterozigot

b. Frekuensi genotifnya

Jawaban : q2 = 1 / 10.000 = 0,0001

q = √0,0001 = 0,01

p = 1 – q = 1 – 0,01 = 0,99

a. Jumlah orang normal homozigot = p2 = (0,99)2 = 0,9801

= 0,9801 x 10.000 = 9801 orang

Jumlah orang normal heterozigot = 2pq = 2 (0,99 x 0,001) = 0,0198

= 0,0198 x 10.000 = 198 orang

b. Frekuensi genotif = AA : 2Aa : aa

p2 : 2pq : q2

0,9801 : 0,0198 : 0,0001

3. Disuatu Desa diketahui jumlah orang laki-laki buta warna adalah 4 %, Tentukan :

a. Frekuensi laki-laki normal

b. Persentase wanita carier

Jawaban : Laki-laki buta warna = Xc Y = q = 4% = 0,04

a. Frekuensi laki-laki normal = XC Y = p =1 – 0,04 = 0,96

b. Persentase wanita carier = XC Xc = 2 pq = 2 (0,96 x 0,04 ) = 0,0768 x 100 % = 7, 68 %

E. Asal-usul kehidupan

Beberapa pemikiran tentang asal-usul kehidupan yang pernah dikemukakan sebagai berikut :

a. Teori kreasi khas menyatakan bahwa kehidupan diciptakan oleh kekuatan supernatural/gaib/Tuhan.

b. Teori kosmozoan menyatakan bahwa kehidupan berasal dari luar angkasa dan masuk ke bumi melalui benda langit yang sampai ke bumi.

c. Teori abiogenesis/generatio spontanea menyatakan bahwa kehidupan dapat muncul secara spontan dari benda mati. Teori ini dikemukakan oleh Aristoteles dan diperkuat melalui temuan mikroskop oleh Antoni van Leuwenhoek, yaitu adanya mikroorganisme pada rendaman jerami.

d. Teori biogenesis menyatakan bahwa kehidupan berasal dari makhluk hidup yang sudah ada sebelumnya. Penelitian yang dilakukan untuk mendukung teori biogenesis dan menolak abiogenesis dilakukan oleh :

- Fransisco Redi; menempatkan sekerat daging pada toples yang terbuka dan tertutup. Setelah beberapa hari muncul belatung pada toples yang tidak tertutup.

- Lazzaro Spalanzani; mendidihkan kaldu pada labu yang tertutup dan terbuka setelah itu dibiarkan beberapa hari. Hasilnya labu yang terbuka keruh sedangkan labu yang tertutup tetap jernih.

- Louis Paster; mendidihkan kaldu pada labu yang diberi tutup pipa bebentuk leher angsa sehingga mulut labu tertap terbuka, tetapi di dalam pipa leher angsa terdapat air yang menutup labu dari dunia luar. Hasilnya, kaldu dalam labu tersebut tetap jernih. Hsil eksperimen ketiganya, terutama Louis Pasteur, menunjukkan kebenaran teori biogenesis sekaligus menggugurkan teori abiogenesis. Teori biogenesis berbunyi “ Omne vivum ex ovo, omne ovum ex vivo”.

.

F. Spesiasi

Spesiasi adalah proses pembentukan spesies yang dapat digunakan sebagai saksi hidup mengenai apa yang terjadi di masa lalu. Syarat terjadinya spesiasi adalah:

a). adanya perubahan lingkungan

b). adadnya relung (niche) yang kosong

c). adanya keanekaragaman suatu kelompok organism.

Proses spesiasi dapat ditinjau dari adadnya isolasi geografi (penghalang/barier/sawar pada aspek geografis) dan isolasi reproduksi ( penghalang pada segi reproduksi).

G. Evolusi Kimia dan Biologi

a). Teori evolusi kimia dikemukakan oleh Harold Urey. Ia mengemukakan hipotesisnya bahwa atmosfer purba sangat kaya dengan gas metana (CH4), hydrogen (H2), uap air (H2O) dan ammonia (NH3).

Degan bantuan sinar kosmis dan halilintar gas-gas tersebut membentuk mahluk hidup. Hipotesis Urey dibuktikan oleh Stanley Miller dengan memasukan gas-gas tadi pada tabung, lalu diberikan aliran listrik bertegangan tinggi. Hasil eksperimennya menunjukan terbentuk molekul asam amino yang merupakan substansi dasar kehidupan

b). Teori Evolusi Biologi dikemukakan oleh Alexander Oparin yang menyatakan bahwa mahluk hidup pertama merupakan hasil evolusi dari molekul yang kemudian berkembang menjadi struktur kehidupan ( sel)


Latihan Soal Evolusi

A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat !

1. Menurut teori Darwin, seleksi alam menyebabkan…

a. individu yang kurang adaptif dapat menghasilkan keturunan

b. lingkungan berubah seiring dengan perubahan mahluk hidup

c. populasi tidak berkembang

d. individu atau populasi yang mengalami perubahan karen akondisi lingkungan yang kurang menguntungkan

e. berlakunya Hukum Hardy Weinberg

2. Pencetus teori evolusi adalah…

a. Cuvier

b. Lamarck

c. Darwin

d. Plato

e. Linnaeus

3. Sayap kelelawar dan kaki depan manusia merupakan…

a. analogi

b. homologi

c. organ vestigial

d. organ biasa

e. organ bantuan

4. Migrasi burung Finch dari Amerika Selatan ke kepulauan Galapagos setelah melewati waktu yang panjang dari satu spesies menjadi 14 spesies ditinjau dari berbagai macam bentuk paruhnya. Menurut Darwin hal ini terjadi karena…

a. mutasi alam

b. seleksi alam

c. radiasi adaptif

d. factor geografi

e. pengaruh makanan

5. Pernyataan yang benar dibawah ini mengenai leher jerapah adalah…

a. Menurut Lamarck, seleksi alam mengakibatkan jerapah yang dulu berleher pendek akhirnya menjadi panjang

b. Menutur Darwin, seleksi alam mengakibatkan jerapah yang dulu berleher pendek akhirnya menjadi panjang

c. Menurut Lamarck adaptasi mengakibatkan jerapah yang dulu berleher pendek akhirnya menjadi panjang

d. Menurut Darwin, adaptasi mengakibatkan jerapah yang dulu bervariasi akhirnya hanya jerapah berleher panjang yang dapat hidup

e. Menurut Darwin, seleksi alam mengakibatkan semua jerapah berleher pendek mati, kemudian muncul jerapah berleher panjang

6. Teori Biogenesis mempunyai slogan yang berbunyi omne vivum ex ovo, omne ovum ex vivo. Slogan tersebut membpunyai arti…

a. Adanya kehidupan hanya terjadi karena ada kehidupan sebelumnya

b. mahluk hidup berasal dari telur dan telur berasal dari mahluk hidup

c. sel telur yang dibuahi akan membentuk mahluk hidup yang merupakan asal usul kehidupan

d. kehidupan berasal dari telur yang dibuahi

e. semua kehidupan berasal dari kehidupan yang terjadi dari telur

7. Teori tentang asal usul kehidupan diantaranya adalah…

1. teori kreasi khas

2. teori evolusi biologi kimia

3. teori generatio spontanea

4. teori kehidupan tidak berasal usul

5. teori kosmozoan

Dari teori-teori di atas yang eksperimennya dilakukan oleh Oparin dan Aristoteles adalah…

a. 1 dan 2

b. 2 dan 3

c. 3 dan 4

d. 3 dan 5

e. 4 dan 5

8. Fosil hewan yang dapat dijadikan bukti adanya evolusi adalah…

a. penyu c. kuda e. burung

b. paus d. gajah

9. Organ-organ tubuh manusi yang digunakan sebagai bukti adanya evolusi adalah…

a. tulang ekor dan umbai cacing

b. tulang ekor dan jakun

c. umbai cacing dan tulang rusuk

d. rambut dada pada laki-laki dan tulang rusuk

e. tulang ekor dan rambut pada daun telinga

10. Hal-hal berikut merupakan petunjuk adanya evolusi. Kecuali…

a. anatomi perbandingan yang bersifat analog

b. anatomi perbandigna yang bersifat homolog

c. embriologi perbandingna berbagai hewan

d. data fosil pada berbagai lapisan batuan

e. domestikasi dengan perkawinan silang

11. Pada suatu daerah yang berpenduduk 5000 orang terdapat penderita PTC 36 %. Jumlah penduduk non PTC adalah…

a. 180 orang c. 1800 orang e. 5000

b. 320 orang d. 3200 orang

12. Dalam suatu daerah berpenduduk 10.000 orang diketahi 25 % dari wanitanya menderita buta warna. Berapa orangkah wanita pembawa buta warna…

a. 950 orang c. 5000 orang e. 9500 orang

b. 2500 orang d. 7500 orang

13. Proses pembentukan spesies baru disebut…

a. alopatrik c. radiasi adaptif e. spesiasi

b. simpatrik d. isolasi radiatif

14. Diketahui persentase orang normal adalah 64 %. Frekuensi genotif AA : Aa : aa adalah…

a. 48 : 36 : 16 c. 16 : 48 : 36 e. 16 : 36 : 48

b. 36 : 16 : 48 d. 36 : 48 : 16

15. Hasil eksperimen Stanley Miller adalah terbentuknya zat yang kita sebut…

a. amoniak c. asam asetat e. asam dioksi nukleat

b. asam nukleat d. asam amino

B. Jawablah petanyaan dibawah ini dengan benar !

1. Menurut Darwin, evolusi terjadi karena …

2. Jelaskan perbedaan antara teori evolusi Darwin dengan Lamarck !

3. Sebutkan bukti-bukti evolusi !

4. Apa yang dimaksud dengan homologi? Berikan contohnya !

5. Sebutkan beberapa contoh organ vestigial !

6. Pada suatu desa terdapat 64% orang PTC, tentukan frekuensi gen PTC dan non PTC serta frekuensi genotifnya !

7. Sebuah desa dihuni oleh 10000 orang. 9% diantaranya laki-laki buta warna, berapakah jumlah wanita pembawa sifat buta warna di desa tersebut ?

8. Apa yang dimaksud dengan spesiasi?

9. Jelaskan tentang teori biogenesis dari Fransesco Redi !

10. Jelaskan pertentangan teori evolusi menurut Lamarck dan Weissmann !

BIOTEKNOLOGI

A. Pengertian Bioteknologi

Bioteknologi adalah pemanfaatan prinsip-prinsip dasar dan rekayasa terhadap organism, system atau proses biologis untuk menghasilkan atau menigkatkan potensi organism maupun menghasilkan produk dan jasa bagi kepentinngna hidup manusia. Ilmu yang menunjang bioteknologi adalah mikrobiologi, biologi sel, genetika dan biokimia.

B. Perkembangan Bioteknologi

1. Bioteknologi Konvensional (Tradisional)

Adalah bioteknologi yang memanfaatkan mikroba, biokimia dan proses genetic alami. Bioteknologi konvensional sangat erat kaitannya dengan pemanfaatan mikroorganisme dan proses fermentasi. Aplikasinya sudah lama dikenal oleh manusia dari nenek moyang misalnya pembuatan tempe dan tape.Berikut tabel mengenai produk bioteknologi konvensional :

a. Bidang pangan

No

Bahan baku

Mikroorganisme

Produk

1.

Kedelai

Rhizopus oligosporus dan

Rhizopus oryzae

Aspergillus wentii

Neurospora sitophila

Tempe

Kecap

Oncom

2.

Susu

Penicillium cememberti

Streptococcus thermophilus

Lactobacillus bulgaricus

Keju

Yoghurt

3.

Air kelapa

Acetobacter xylinum

Nata de coco

4.

Singkong, beras, ketan dan amilum

Saccharomyces cereviceae

Acetobacter aceti

Aspergillus niger

Lactobacillus leichmannii

Alcohol atau tape

Asam asetat

Asam sitrat

Asam laktat

Pada bidang pangan juga dihasilkan PST (protein sel tunggal) yaitu pemanfaatan sel mikroorganisme sebagai bahan makanan atau sumber protein contohnya spirulina, chorella, Saccharomyces cereviseae dan Fusarium gramineaum

b. Bidang kesehatan

Contohnya menghasilkan antibiotic, misalnya :

1. Streptomyces griceus menghasilkana antibiotic streptomycin

2. Cephalosporium : antibiotic sefalosporin

3. Penicillium notatum : antibiotic penisilin

Bidang pertanian

c. Bidang pertanian

Bacillus thuringiensis untuk membasmi hama (biological control)

d. Bidang Lingkungan

Pseudomonas untuk mengatasi pencemaran limbah minyak

Bacillus thermophillus untuk mengatasi pencemaran limbah sianida

Cladosporium resinae untuk mengatasi pencemaran plastic

Clostridium butyrum untuk mengatasi pencemaran polisakarida dengan menghasilkn biogas

1. Bioteknologi Modern

Yaitu bioteknologi yang memanfaatkan perkembangan ilmu biologi, molekul dan sel untuk memenuh kebutuhan hidup manusia. Bioteknologi modern menggunakan teknik manipulasi dan rekayasa grnetika untuk mendapatkan mahluk hidup dengan sifat baru.

a. Teknologi plasmid adalah pemanfaatan plasmin (DNA sirkuler pada bakteri) yang disisipi gen asing sehingga menghasilkan bakteri dengan sifat baru contohnya pembuatan hormone insulin

b. Teknologi Hobridoma adalah peleburan atau fusi dua tipe sel yang berbeda menjadi kesatuan yang mengandung gabungan kedua sifat gen sel. Contohnya pembuatan antibodi monoclonal yang spesifik untuk melawan antigen tertentu

c. Tranfer Gen dapat dilakukan pada hewan dan tumbuhan sehingga menghasilakan hewan atau tumbuhan transgenik contohnya domba Tracey

d. Pengklonan dengan transfer inti adalah memasukan inti sel donor ke sel telur yang inti selnya sudah dihilangkan sehingga individu yang dihasilkan memiliki materi genetic yang berasal dari individu saja, contohnya domba Dolly.

Latihan Soal Bioteknologi

1. Sebutkan pengertian dari bioteknologi !

2. Sebutkan pembagian 2 macam bioteknologi dan jelaskan perbedaannya !

3. Buatlah tabel mengenai bahan baku, mikroorganisme dan produk yang dihasilkan dari tempe, keju, nata de coco, tape dan kecap !

4. Sebutkan manfaat bioteknologi di bidang kesehatan !

5. Apa yang dimaksud dengan kultur jaringan ?

6. Jelaskan kelebihan dan kekurangan dari kultur jaringan !

7. Enzim apakah yang berfungsi memotong gen dan menyambung gen pada rekayas genetika ?

8. Jelaskan proses transfer inti atau cloning !

9. Sebutkan mikriorganisme yang dapat mengatasi masalah pencemaran !

10. Bagaimana proses pembentukan hormone insulin pada rekayasa genetika ?

Daftar Pustaka

Ernawati K,dkk. 2006. Biologi untuk SMA dan MA kelas XII Program IPA. PT. Widya Utama. Jakarta.

Khristiyono. 2008. Seri Pendalaman Materi BIologi SMA dan MA Siap Tuntas Mengadapi Ujian Nasional. Penerbit Esis Erlangga.Jakarta.

Ni Nyoman Lami Artini, Dra, dkk. 2009. Pendalaman Materi Sukses Ujian Nasional Biologi SMA. Penerbit AKASIA. Jakarta.

Ristiningsih. 2009. Media Profesional Biologi Kelas XII IPA Semester 2. Penerbit Mediatama. Surakarta.

Sawaldi, dkk. 2009.Acuan Pengayaan Biologi SMA. CV Shindunata. Solo.

yle='m �#i t �M� ��� - Louis Paster; mendidihkan kaldu pada labu yang diberi tutup pipa bebentuk leher angsa sehingga mulut labu tertap terbuka, tetapi di dalam pipa leher angsa terdapat air yang menutup labu dari dunia luar. Hasilnya, kaldu dalam labu tersebut tetap jernih. Hsil eksperimen ketiganya, terutama Louis Pasteur, menunjukkan kebenaran teori biogenesis sekaligus menggugurkan teori abiogenesis. Teori biogenesis berbunyi “ Omne vivum ex ovo, omne ovum ex vivo”.

.

F. Spesiasi

Spesiasi adalah proses pembentukan spesies yang dapat digunakan sebagai saksi hidup mengenai apa yang terjadi di masa lalu. Syarat terjadinya spesiasi adalah:

a). adanya perubahan lingkungan

b). adadnya relung (niche) yang kosong

c). adanya keanekaragaman suatu kelompok organism.

Proses spesiasi dapat ditinjau dari adadnya isolasi geografi (penghalang/barier/sawar pada aspek geografis) dan isolasi reproduksi ( penghalang pada segi reproduksi).

G. Evolusi Kimia dan Biologi

a). Teori evolusi kimia dikemukakan oleh Harold Urey. Ia mengemukakan hipotesisnya bahwa atmosfer purba sangat kaya dengan gas metana (CH4), hydrogen (H2), uap air (H2O) dan ammonia (NH3).

Degan bantuan sinar kosmis dan halilintar gas-gas tersebut membentuk mahluk hidup. Hipotesis Urey dibuktikan oleh Stanley Miller dengan memasukan gas-gas tadi pada tabung, lalu diberikan aliran listrik bertegangan tinggi. Hasil eksperimennya menunjukan terbentuk molekul asam amino yang merupakan substansi dasar kehidupan

b). Teori Evolusi Biologi dikemukakan oleh Alexander Oparin yang menyatakan bahwa mahluk hidup pertama merupakan hasil evolusi dari molekul yang kemudian berkembang menjadi struktur kehidupan ( sel)

Latihan Soal Evolusi

A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat !

1. Menurut teori Darwin, seleksi alam menyebabkan…

a. individu yang kurang adaptif dapat menghasilkan keturunan

b. lingkungan berubah seiring dengan perubahan mahluk hidup

c. populasi tidak berkembang

d. individu atau populasi yang mengalami perubahan karen akondisi lingkungan yang kurang menguntungkan

e. berlakunya Hukum Hardy Weinberg

2. Pencetus teori evolusi adalah…

a. Cuvier

b. Lamarck

c. Darwin

d. Plato

e. Linnaeus

3. Sayap kelelawar dan kaki depan manusia merupakan…

a. analogi

b. homologi

c. organ vestigial

d. organ biasa

e. organ bantuan

4. Migrasi burung Finch dari Amerika Selatan ke kepulauan Galapagos setelah melewati waktu yang panjang dari satu spesies menjadi 14 spesies ditinjau dari berbagai macam bentuk paruhnya. Menurut Darwin hal ini terjadi karena…

a. mutasi alam

b. seleksi alam

c. radiasi adaptif

d. factor geografi

e. pengaruh makanan

5. Pernyataan yang benar dibawah ini mengenai leher jerapah adalah…

a. Menurut Lamarck, seleksi alam mengakibatkan jerapah yang dulu berleher pendek akhirnya menjadi panjang

b. Menutur Darwin, seleksi alam mengakibatkan jerapah yang dulu berleher pendek akhirnya menjadi panjang

c. Menurut Lamarck adaptasi mengakibatkan jerapah yang dulu berleher pendek akhirnya menjadi panjang

d. Menurut Darwin, adaptasi mengakibatkan jerapah yang dulu bervariasi akhirnya hanya jerapah berleher panjang yang dapat hidup

e. Menurut Darwin, seleksi alam mengakibatkan semua jerapah berleher pendek mati, kemudian muncul jerapah berleher panjang

6. Teori Biogenesis mempunyai slogan yang berbunyi omne vivum ex ovo, omne ovum ex vivo. Slogan tersebut membpunyai arti…

a. Adanya kehidupan hanya terjadi karena ada kehidupan sebelumnya

b. mahluk hidup berasal dari telur dan telur berasal dari mahluk hidup

c. sel telur yang dibuahi akan membentuk mahluk hidup yang merupakan asal usul kehidupan

d. kehidupan berasal dari telur yang dibuahi

e. semua kehidupan berasal dari kehidupan yang terjadi dari telur

7. Teori tentang asal usul kehidupan diantaranya adalah…

1. teori kreasi khas

2. teori evolusi biologi kimia

3. teori generatio spontanea

4. teori kehidupan tidak berasal usul

5. teori kosmozoan

Dari teori-teori di atas yang eksperimennya dilakukan oleh Oparin dan Aristoteles adalah…

a. 1 dan 2

b. 2 dan 3

c. 3 dan 4

d. 3 dan 5

e. 4 dan 5

8. Fosil hewan yang dapat dijadikan bukti adanya evolusi adalah…

a. penyu c. kuda e. burung

b. paus d. gajah

9. Organ-organ tubuh manusi yang digunakan sebagai bukti adanya evolusi adalah…

a. tulang ekor dan umbai cacing

b. tulang ekor dan jakun

c. umbai cacing dan tulang rusuk

d. rambut dada pada laki-laki dan tulang rusuk

e. tulang ekor dan rambut pada daun telinga

10. Hal-hal berikut merupakan petunjuk adanya evolusi. Kecuali…

a. anatomi perbandingan yang bersifat analog

b. anatomi perbandigna yang bersifat homolog

c. embriologi perbandingna berbagai hewan

d. data fosil pada berbagai lapisan batuan

e. domestikasi dengan perkawinan silang

11. Pada suatu daerah yang berpenduduk 5000 orang terdapat penderita PTC 36 %. Jumlah penduduk non PTC adalah…

a. 180 orang c. 1800 orang e. 5000

b. 320 orang d. 3200 orang

12. Dalam suatu daerah berpenduduk 10.000 orang diketahi 25 % dari wanitanya menderita buta warna. Berapa orangkah wanita pembawa buta warna…

a. 950 orang c. 5000 orang e. 9500 orang

b. 2500 orang d. 7500 orang

13. Proses pembentukan spesies baru disebut…

a. alopatrik c. radiasi adaptif e. spesiasi

b. simpatrik d. isolasi radiatif

14. Diketahui persentase orang normal adalah 64 %. Frekuensi genotif AA : Aa : aa adalah…

a. 48 : 36 : 16 c. 16 : 48 : 36 e. 16 : 36 : 48

b. 36 : 16 : 48 d. 36 : 48 : 16

15. Hasil eksperimen Stanley Miller adalah terbentuknya zat yang kita sebut…

a. amoniak c. asam asetat e. asam dioksi nukleat

b. asam nukleat d. asam amino

B. Jawablah petanyaan dibawah ini dengan benar !

1. Menurut Darwin, evolusi terjadi karena …

2. Jelaskan perbedaan antara teori evolusi Darwin dengan Lamarck !

3. Sebutkan bukti-bukti evolusi !

4. Apa yang dimaksud dengan homologi? Berikan contohnya !

5. Sebutkan beberapa contoh organ vestigial !

6. Pada suatu desa terdapat 64% orang PTC, tentukan frekuensi gen PTC dan non PTC serta frekuensi genotifnya !

7. Sebuah desa dihuni oleh 10000 orang. 9% diantaranya laki-laki buta warna, berapakah jumlah wanita pembawa sifat buta warna di desa tersebut ?

8. Apa yang dimaksud dengan spesiasi?

9. Jelaskan tentang teori biogenesis dari Fransesco Redi !

10. Jelaskan pertentangan teori evolusi menurut Lamarck dan Weissmann !


Tidak ada komentar:

Posting Komentar